-->
×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Huntara dan Huntap Selesai Sebelum Idul Fitri, Wapres Berharap Bisa Sholat Ied Bersama Warga Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru

Jumat, 04 Maret 2022 | 05:43 WIB Last Updated 2022-07-20T11:19:55Z
Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau progress kemajuan pengerjaan huntap dan huntara


Lumajang - Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengapresiasi gerak cepat Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam penyiapan relokasi warga pengungsi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.


"Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam menyiapkan master plan dan lahan dengan cepat, dengan siapnya lahan kami beserta tim juga cepat turun dengan kekuatan penuh", kata Iwan Suprijanto saat meninjau progres pembangunan huntap dan huntara di area relokasi di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Kamis (03-03-2022).


Iwan juga menyampaikan, bahwa dari target 1.951 unit hunian tetap dan sementara yang telah ditetapkan by name by address oleh Bupati Lumajang, saat ini sekitar 1.100 unit huntap mulai ditangani, 800 unit diantaranya rangka bangunan sudah berdiri, dan 200 unit sudah tertutup atap.


"Minggu keenam dari penanganan, kita harapkan bisa diselesaikan ada 100 unit sudah layak huni sambil menunggu infrastruktur pendukung seperti air, pengerasan jalan lingkungan serta dukungan lain seperti listrik dan lainnya", paparnya kepada awak media.


Iwan juga menyatakan, bahwa pembangunan infrastruktur di lokasi terdampak bukan semata proyek, namun adalah misi kemanusiaan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca bencana erupsi Gunung Semeru.


Ia menargetkan Idul Fitri nanti para warga pengungsi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru dapat mulai menghuni tempat tinggal yang telah disediakan di tempat relokasi.


"Target kami sesuai dengan arahan Pak Wapres sebelum Idul Fitri masyarakat bisa menempati seluruh hunian, ada harapan bapak Wapres melaksanakan Sholat Ied bersama masyarakat terdampak", ungkapnya.


Ditempat yang sama, Bupati Lumajang  Thoriqul Haq juga menyampaikan, bahwa kunjungan Dirjen Perumahan PUPR tersebut dalam rangka koordinasi, monitoring dan evaluasi progress kemajuan pengerjaan rumah dan infrastruktur dasar lainnya di tempat relokasi.


"Kami berterima kasih kepada Kementerian PUPR khususnya Direktorat Jenderal Perumahan yang bergerak cepat melakukan pembangunan infrastruktur baik hunian tetap beserta infrastruktur pendukung lainnya", ungkapnya.


Selain itu, untuk menunjang berbagai infrastruktur yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR, pihaknya juga akan menyiapkan infrastruktur pendukung termasuk fasilitas umum dan fasilitas sosial serta menyiapkan peternakan terpadu sebagai sarana penunjang kehidupan dan perekonomian masyarakat.


"Prioritas kita sekarang lahan ini sudah tuntas, tinggal berikutnya kami menyiapkan tata kelola kesiapan masyarakat, keswadayaan masyarakat, ada kehidupan yang harus tumbuh, ekonominya juga harus tumbuh, itu prioritas kami", tandasnya. (Her)

×
Berita Terbaru Update