-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kasus PMK di Purwodadi Pasuruan Memerah, Peternak Sapi Perah Menjerit

Selasa, 05 Juli 2022 | 15:13 WIB Last Updated 2022-07-20T11:19:00Z
Sapi milik warga Dusun Rojop Pasang Desa Gerbo yang terpapar PMK.

Pasuruan - Wabah penyakit hewan ternak, terutama jenis sapi, yang lebih dikenal dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), imbasnya sungguh luar biasa, menyerang peternak yang mayoritas berada di pedesaan.

Bagi masyarakat yang menggantungkan mata pencahariannya sebagai peternak, dengan adanya wabah PMK tersebut berimbas pada matinya perekonomian di keluarga mereka.

Kasus tersebut dialami oleh warga Dusun Rojo Pasang, Desa Gerbo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Salah warga Dusun Rojo Pasang, Bakir (45) menuturkan dengan sangat sedih, karena 1 dari 5 hewan ternaknya mati akibat terpapar PMK. Sabtu (2/7/2022).

"Benar sekali mas 1 dari 5 Sapi saya mati karena terpapar wabah PMK, angka kematian hewan ternak di Dusun Rojo Pasang ini cukup tinggi, hampir seluruh peternak di Dusun ini, hewan ternaknya terpapar oleh virus PMK, hasil produksi susupun turun drastis dari 4500 liter/hari menjadi 1500 liter/hari hasil dari satu Dusun," ujarnya dengan nada sedih.

Selain itu, Bakir juga menyampaikan, bahwa petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, sementara hanya bisa memberikan Vaksinasi kepada hewan ternak yang masih sehat aja (yang belum terpapar virus PMK, red*), untuk yang sudah terpapar belum ada petunjuk tehnis perawatanya dari instansi terkait.

"Jadi para peternak mengupayakan sendiri dengan berbagai cara, agar hewan ternak mereka bisa kembali sehat," tambahnya.

Saat ditemui di kediamanya, Kepala Desa Gerbo, Sutrisno menjelaskan untuk penanganan wabah PMK sudah mengacu pada Surat Edaran (SE) Bupati Pasuruan.

"Saya sudah mengupayakan penanganan wabah PMK ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati, dan sudah saya sosialisasikan ke semua warga agar membatasi keluar masuknya hewan ternak ke Dusun mereka masing-masing dengan istilahnya karantina mandiri," jelas Sutrisno kepada PotretMedia.

Untuk pencegahannya sendiri, petugas dari Dinas peternakan Kabupaten Pasuruan, juga sudah mulai melakukan vaksin ke sejumlah peternak, untuk Desa Gerbo kemungkinan akan dilaksanakan vaksin PMK,  pada tanggal 5 sampai 10 juli 2022, dengan harapab wabah PMK yang menimpa warga saya segera berakhir. (Saf/Muh).
×
Berita Terbaru Update