-->
×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kegiatan Inklusi Sosial Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang Gunung Semeru

Senin, 27 Desember 2021 | 15:27 WIB Last Updated 2021-12-27T08:29:09Z
Pelatihan wirausaha untuk para penyintas yang terdampak Erupsi Gunung Semeru

Lumajang - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Perpustakaan Desa “Lestari” Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang melaksanakan pelatihan singkat pembuatan abon jantung pisang untuk para remaja putri dan para ibu penyintas yang terdampak Erupsi Gunung Semeru.

 

Kegiatan dilaksanakan di tempat pengungsian SMPN 1 Candipuro yang diikuti oleh remaja putri dan para ibu diharapkan dapat memberikan manfaat positif kepada para pengungsi dan eksistensi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang mampu melakukan kegiatan inklusi sosial dengan memberikan layanan sesuai kebutuhan masyarakat.

 

Tutik Endriyani, Pustakawan Dinas Kearsipan dan Peprustakaan Kabupaten Lumajang menyampaikan bahwa selama ini kegiatan yang ditujukan untuk anak-anak sudah sering dilakukan namun untuk remaja putri dan Ibu-ibu serta bapak-bapak masih jarang.

 

Untuk itu, pelatihan pembuatan abon jantung pisang dilakukan agar remaja putri dan para ibu yang sudah hampir satu bulan di lokasi pengungsian dan nyaris tanpa kesibukan mulai membuka diri untuk mempersiapkan kegiatan atau usaha pasca masa tanggap darurat serta mulai melihat peluang apa yang bisa dilakukan ke depan.

 

"Pisang yang menjadi produk unggulan Kabupaten Lumajang pastinya juga menghasilkan jantung pisang yang juga melimpah. Selama ini masyarakat hanya mengolahnya menjadi sayur saja, agar awet dan bisa dikirim ke luar kota maka diolah menjadi abon jantung pisang yang bisa dipasarkan ke luar kota", ungkapnya.

 

Tutik berharap, pasca pelatihan ini, para penyintas yang terdampak Erupsi Gunung Semeru mampu berusaha meningkatkan derajat ekonomi keluarga dengan melakukan berbagai kegiatan wirausaha. (Her)

×
Berita Terbaru Update