-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BLT DBHCHT Tuntas Disalurkan Kepada Petani dan Buruh Pabrik Tembakau Lumajang

Selasa, 14 Desember 2021 | 06:55 WIB Last Updated 2021-12-13T23:57:15Z
Keterangan foto: Bupati Lumajang ketika meninjau salah satu perusahaan rokok di Lumajang
Lumajang - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) telah tuntas disalurkan. Sejumlah 1.693 buruh tani tembakau dan 57 pekerja pabrik tembakau sudah menerima BLT dalam dalam 2 tahap.

Tahap pertama rapelan 7 bulan dan tahapan berikutnya 1 bulan. Nilai per bulannya BLT DBHCHT sebesar 300 ribu selama 8 bulan, jadi total bantuan yang diberikan 2,4 juta.

Murdiyanto, Kepala Bagian Ekonomi Setdakab Lumajang menyatakan, pemberian BLT selama 7 bulan diberikan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati. Sedangkan 1 bulan berikutnya uang langsung di transfer ke rekening Bank Jatim masing-masing penerima manfaat.

"Alhamdulillah semua sudah tersalurkan selama 8 bulan, awal 7 bulan rapelan dan 1 bulan di transfer ke rekening masing-masing penerima manfaat", jelas Murdiyanto, Senin (13-12-2021).

Buruh tembakau dan pekerja pabrik tembakau mengaku sangat senang karena kondisi pandemi dan harga tembakau juga turun. BLT yang diterima oleh buruh akan dibelikan barang yang secara ekonomis bisa dikembangkan. Ada beberapa dari mereka mengaku akan dibelikan kambing, ada juga yang mau dibuat modal usaha.

Sementara, Dwi Wahyono, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Lumajang berharap BLT DBHCHT bisa konsisten diberikan setiap tahun. Tak hanya itu, petani tembakau juga berharap ada subsidi harga tembakau, agar petani tembakau tetap bertahan menanam tembakau.

"Jika di Lumajang tak ada yang menanam tembakau, maka Lumajang tak akan dapat DBHCHT," tandasnya. (Her)

×
Berita Terbaru Update